Thursday, July 10, 2008

SELAMAT DATANG KORAN DIGITAL

Photobucket

Pagi ini, sehabis sarapan nasi uduk yang saya beli di lorong gang senggol deket kantor, saya sempatkan membaca Harian KOMPAS. Biasanya rutinitas pagi saya dengan sebuah koran dimulai dari headline, berturut-turut halaman belakangnya. Dan sampailah saya di halaman ini, halaman yang diprint-screen dari layar LCD saya. Judulnya, Selamat Datang Koran Digital, akhirnya setelah membacanya, segera saya menuju lokasi situs yang disebutkan. Dan mulailah saya menjelajah. Ternyata isi berita termasuk layoutnya sama persis dengan koran yang saya pegang!!!

Photobucket

Mungkin saya bukan tergolong konvensional, orang yang buta informasi apalagi gagap teknologi, akan tetapi mungkin sudah menjadi kebiasaan, bagi saya bacaan dengan layout konvensional akan terasa lebih mudah. Bahkan, sekalipun telah tersedia situs berita dengan layout yang lebih sederhana dengan pola indexing yang logic ada yang masih terasa kurang. Bukan apa-apa sih, hanya khawatir saya melewatkan satu berita hari ini dari halaman yang saya baca. Dengan desain konvensional, saya merasa nyaman, meski menerapkan pola skipping reading dalam menerima informasi dari koran, saya bisa memastikan bahwa judul2 yang menarik saya tidak terlewatkan.

Photobucket

BTW, sebagaimana yang ditulis dalam artikel dalam gambar pertama di atas, ternyata salah satu group usaha Kompas telah memulainya lebih dahulu, bersyukurlah saya, saya dapat juga membaca Harian Kontan, yang akan menambah informasi kepada saya mengingat pekerjaan saya dalam bidang financial. Dan perlu di ingat, sampai saat artikel ini saya tulis koran ini dapat diakses dengan GRATIS alias bebas biaya. Anda hanya cukup membayar sambungan Internet Anda! Bersyukurlah saya, dengan akses internet 24/7 dengan kecepatan mencapai 784 Kbps saya dapat dengan cepat menggulung & membolak-balik halaman dengan cepat :) Berharap di masa mendatang, koran digital semacam ini dapat akan dapat tumbuh dan hidup subur... Kalo sudah seperti ini, apakah perlu saya putuskan langganan koran saya saja yah? .... he..he.. :)

No comments: