Thursday, May 1, 2008

JAKARTA CAR FREE DAY

Tanggal 27 April 2008, Jam 06.00 Pagi dengan Kopaja 91 dilanjutkan menumpang Trans Jakarta (yang lebih dikenal dengan Bus Way) saya sudah bergegas berangkat dari rumah untuk berangkat hunting bareng DPMP KASKUS di arena Jakarta Car Free Day. Apa itu Free Car Day? sesuai Perda Provinsi DKI Jakarta No 2/2005 tentang Penanggulangan Pencemaran Udara bahwa setiap minggu keempat Jl MH Thamrin dan Jl Sudirman tertutup bagi kendaraan bermotor yang bukan umum dengan rute tetap.

Jadi, acara Car Free Day ini melarang kendaraan bermotor pribadi untuk masuk ke jalan yg disebutkan di atas. Sambil menyelam minum air, sekalian menanggulangi (baca: sedikit sekali mengurangi) pencemaran udara, acara ini banyak dipakai untuk memperlebar ruang terbuka publik yang sudah semakin sempit. Kalau diamati, banyak orang tua sambil membawa anak-anak mereka berjalan-jalan di lokasi ini atau kalau tidak, tampak anak muda bermain bola, badminton atau sekedar nongkrong di salah satu sudut jalan terpenting di kawasan Jakarta atau bahkan mungkin di Indonesia.

Mungkin banyak mendapatkan dukungan kabarnya, mulai Juni nanti Program car free day (hari bebas kendaraan bermotor) akan diperluas ke wilayah lima kawasan lain di Jakarta. Sejumlah kawasan sudah diusulkan untuk menjadi lokasi program ini. Di Jakpus misalnya, direncanakan akan diterapkan di Jalan Asia Afrika atau Jalan Letjen Suprapto. Di Jaksel, kawasan yang disulkan adalah Jalan Wijaya. Sementara di Jakut, target pelaksanaan program ini adalah di kawasan Danau Sunter. Untuk Jakbar alternatifnya adalah Kawasan Kota Tua. Sedangkan Jaktim disulkan kawasan Jalan Pemuda atau Jalan Pramuka.

Photobucket
Salah satu sudut yang saya ambil di depan plaza BII di jalan Thamrin. Masyarakat banyak memanfaatkan jalan salah satu jalan terpenting di ibu kota ini dengan bermain sepak bola.

Photobucket
Keramaian atau pusat jujugan masyarakat ibu kota ketika menikmati Free Car Day adalah di Bundaran Hotel Indonesia, segala kegiatan tumplek blek di sini. Sudut foto ini saya ambil dari arah Bundaran HI ke arah Jalan Thamrin. Di Bundaran HI ini banyak aktivitas yang dilaksankan pagi ini, antara lain Panggung Musik, Acara Shooting TV, serta acara-acara lainnya. Masyarakat banyak memanfaatkan moment ini untuk sekedar berfoto dengan background Air Mancur Hotel Indonesia yang sangat legendaris ini.

Photobucket
Beginilah gambar keadaan di depan Kedubes Jepang pada jam 11.30an sepi banget. Sangat kontras dengan keseharian jalan protokol ibu kota ini yang sangat macet penuh polusi. Diharapkan dengan adanya free car day lainnya akan semakin memperbaiki kualitas lingkungan yang semakin memburuk akhir-akhir ini.



Photography by Reza Rachmadiananto (EOS 400D, EF-S 18-55mm f:3.5-5.6, EF 28-105mm f:3.5-4.5 II USM)

No comments: