Thursday, March 27, 2008

SPOT PREWEDDING @ BROMO

Saya ingin berbagi pengalamaan saat pengambilan gambar pre-wedding kemarin tanggal 20/21 Maret 2007, siapa tahu ada yg nantinya juga pengen prewedding di sini. he..he... :) Tulisan ini akan lebih fokus kepada masalah transportasi dan spot pengambilan gambar. Untuk mudahnya akan saya sertakan peta yang saya modifikasi di bawah :

Photobucket

Transportasi

Untuk menghemat ongkos transport sebaiknya membawa kendaraan bukan jenis sedan atau minibus. (yang ditakutkan tidak kuat menanjak sehingga harus menyewa kendaraan di sana) :) Pemilihan rute juga berpengaruh kepada bagaimana cara kita berhemat. Dalam peta tampak jalur merah yang merupakan rute perjalanan saya kemarin. Dalam Rute perjalanan merah, medan menanjak masih dapat dilalui mobil sekelas kijang (meskipun tetap menanjak namun jalan yang dilalui relatif mulus), sementara untuk jalur biru, lebih terjal dan sulit. Saya nggak tahu pasti, kata beberapa orang, mobil pribadi (apabila melalu jalur Tongas-Ngadisari, jalur biru) tidak diperbolehkan naik sampai ke Puncak Penanjakan, kecuali harus menyewa Toyota Hardtop di bawah sebelum menuju puncak.

Spot/Lokasi

1
Lokasi ini merupakan lokasi tertinggi yang dapat dijangkau oleh kendaraan untuk dapat memperoleh view pegunungan/daerah Tengger dan sekitarnya. Apabila cuaca cerah (tanpa awan & kabut) maka Anda dapat melihat spot yang sangat indah misalnya saat matahari terbit, kemudian pemandangan Bromo, Batok bahkan Semeru. Kalo bawa kamera IR (Infra Red) spot di bawah bangunan (gardu pandang) merupakan lokasi terbaik untuk mengambil gambar. Mesti diingat, apabila cuaca cerah kabut akan dapat segera datang setelah pukul 09.00 - 10.00 pagi, sehingga lekas selesaikan pengambilan gambar di tempat ini :)

2
Saya nggak tahu apa nama tempat ini, tapi yang jelas, tempatnya berada di pinggir jalan di mana kita dapat melihat pemandangan Gunung Batok, Bromo dan Semeru agak lebih dekat dengan sudut yang berbeda. Berhubung tempatnya di pinggir jalan, awas ati-ati, parkirlah kendaraan anda di tempat yang aman :)

3
Kawah/Kaldera Bromo. Anda dapat mengambil gambar di lokasi ini. Kemarin saya hanya sampai di kaki kawah, atau awal tangga berundak menuju puncak kawah. Lokasi di sini kebanyakan batu & tebing tanpa vegetasi. Meski demikian, untuk memperoleh gambar yang bagus tinggal main angle & komposisi saja. Oh ya saran saya, kendaraan bermobil hanya bisa sampai di parkiran yang jauhnya munkin antara 900-1200 meter dibawah kaki kawah (ditunjukkan oleh spot no. 4), sehingga untuk sampai ke spot No. 3 hanya bisa dilalui oleh kaki, kuda atau kalo mau nekat bisa naik motor. Jangan jalan kaki! jaraknya sudah bikin 'kemringet' apalagi kalo sudah dandan cantik, alamat rusak tuh dandanan, jangan pula gagah-gagahan naik motor, kalo motornya nyungsep repot mesti dorong-dorong motor tuh... :) Saran bijak naiklah kuda! dengan membayar Rp. 30 ribu - Rp. 70 ribu (tergantung nego), anda tidak akan capek.

4
Setelah menghabiskan waktu di kaki kawah bromo, di bagian parkiran mobil (spot no. 4) meskipun terlihat kosong & flat, masih dapat diambil gambar bagus dengan latar belakang gunung batok atau tebing di bawah penanjakan dengan lautan pasirnya, selain itu, dapatkan model tambahan bersama kuda yang tadi di sewa... hehehe... (kapan lagi bisa foto nunggang kuda..) :)

5
Tempat ini merupakan sabana, atau padang rumput. Tinggal cari spot yang enak aja untuk dapat 'great picture' di sini

6
Tempat ini pernah digunakan untuk syuting pasir berbisik di mana lokasi ini terdapat batu-batu karang besar berserakan, cakep lah buat take pre wedding...

Sebenernya ada satu tempat lagi yang bagus, yaitu di depan restoran lava view, di sini dapat ditemukan titik-titik menarik yang siap diekplorasi lebih dalam. Sayangnya pada pengambilan gambar kemarin, kami tidak dapat menggunakannya akibat hujan turun dengan derasnya..... :(

Segitu aja dulu tulisannya, semoga membatu.


Regards.

2 comments:

bekerja said...

wah... wah...

poto preweddingnya mana bos ??

di poto sendiri ?

inside-reza.com said...

Photonya tunggu aja, id launching sebelum hari H He..he.. :)