Tuesday, April 1, 2008

MOTOROLA MOTOSPIN MS-280 (A890) CDMA

Siang ini, setelah melakukan transaksi dengan seorang rekan di salah satu forum di internet akhirnya Motorola Motospin MS-280 (A890) CDMA saya dapatkan. Segera saya siapkan kamera untuk membuat foto untuk melengkapi review ini.
Sebelumnya, ketertarikan untuk memiliki handset ini dari muncul sudah agak lama, mungkin 2/3 tahun lalu ketika sebuah review singkat muncul di Sini. Bila dihitung sejak kemunculannya di tahun 2004 maka sudah cukup lama HP ini beredar di luar (utamanya di Korea Selatan), kebetulan beberapa hari sebelumnya saya melihat sebuah iklan di forum dan karena ada kejadian yang 'memaksa' untuk mendapatkan HP CDMA baru maka saya memutuskan untuk membelinya, sekaligus pengen nge-test Moto CDMA (soalnya selalu pakai Nokiyem seeh... :) )

Photobucket


Possibly the hottest new phone on Motorola's roadmap is the MS280. This phone features a rotating design similar to the Sony Ericsson SO505i that's taken Japan by storm. The MS280 also features a 176-by-220-pixel 260,000-color TFT display, dual cameras, and streaming MPEG4 video. The phone will be available in Korea in November, expanding to "other markets" in 2004. Jadi secara umur, motorola ini sudah nggak bisa dikatakan baru... tapi masih lumayanlah lah sebagai HP kedua untuk menunjang komunikasi :)

Photobucket


Oke deh daripada berlama-lama, saya lanjutkan dengan spesifikasi teknis Motorola Motospin MS-280 (A890) CDMA --> selanjutnya cukup saya sebut Motospin sbb:

NETWORK : CDMA 1xRTT, 800 Mhz
MECHANISM : Swivel
DISPLAY : Type TFT, 262K colors (176x220 pixels, 13 lines)
ADDRESS BOOK : 500 (15 Entry)
MEMORY : Internal Type 54 MB
RINGTONE : Polyphonic 32 Channels (Vibra Support)
CAMERA : Dual Camera CMOS (VGA 310.000 pixel)
LANGUAGE : English & China
CONNECTIVITY : Infrared
FEATURES : Text Messaging, Photo & Video Mail, Voice Message & Memo, Alarm, Calculator, Calendar, Schedule, Organizer, Witop Platform (nate browser,GVM,SKVM,TCM3,Nate Air,NATE AD), PC Link/Modem

WHAT'S IN THE BOX

Photobucket


Dalam paket penjualan yang saya terima terdiri dari :
- 1 (satu) Unit Handset Motorola Motospin MS-280
- 1 (satu) Unit Baterai
- 1 (satu) Unit Travel Charger
- 1 (satu) Unit Kabel Data (Interface-nya USB tapi kecepatannya mirip serial)
- 1 (satu) Unit CD Driver Copy-an (dooh.... :( )
- 1 (satu) Unit Manual Book Seadanya :(
- 1 (Satu) Unit Kartu garansi dari Importir Umum-nya
- 1 (Satu) Unit Kardus Generik, tanpa merek Motorola
- Plastik pembungkus secukupnya :)

DESIGN, STYLE & ERGONOMY

Photobucket


Sepintas, bentuk Motospin mengingatkan saya akan Siemens SL 75 yang terlihat feminin. Sementara itu, Motospin memiliki form factor kecil & mungil dengan ukuran (keyboard terlipat) 10cm (p) x 4.3cm (l) x 2.7cm (t) --> Saya ukur dg penggaris, jd miss beberapa mm mungkin saja terjadi :) . Bagi mereka yang memiliki tangan yang besar mungkin terlihat kurang proporsional ketika memakai handset ini, bahkan mungkin akan merasa sedang memegang mainan :)

Mekanisme Swivel memberikan sentuhan dan nuansa berbeda bagi para penggunanya. Namun demikian mekanisme ini bisa saja menjadi nilai pengurang, terlebih lagi bagi mereka yang tidak terbiasa menggunakan handphone semacam ini, untungnya saja engsel Swivel Motospin ini dirasakan cukup kuat dan relatif tidak rapuh.

Satu hal yang mengganggu (bagi saya terutama) material yang dipakai untuk membungkus LCD Monitor terlihat murahan, dan terlalu 'plasticy'. Belum terlalu lama dipakai, sudah mulai terlihat baret-baret halus di sana-sini :(

Photobucket


Motorola cukup cerdas dengan menyediakan banyak tombol untuk bermacam-macam keperluan terutama ketika keyboard utama disembunyikan dibawah tubuh Motospin. Penempatan tombol melingkar ini cukup manis yang mewakili 10 fungsi!

Photobucket


Penempatan tombol-tombol pembantu lainnya saya nilai cukup logic. Dalam gambar di atas terlihat beberapa tombol yaitu tombol Voice/Memo Records, Volume (-) & (+), tombol camera on & shutter.

Untuk menambah manisnya bentuk Handphone ini, Plug Charger & Kabel Data (Jadi Satu) ditutup dengan seal karet memanjang, demikian halnya Earplug/Handsfree Plug juga rapi tertutup. Namun, bagi saya fungsi pemanis ini justru menjadi hal yang tidak menyenangkan di mana untuk melakukan charging & konek to PC harus membuka seal (dan ini sama sekali tidak mudah!!...)

Photobucket


Nah ini, yang paling saya suka... tombol keyboardnya lebar dan enak dipencet! sehingga untuk melakukan text messaging akan terlihat mudah selain itu, tombol-tombol ini terlihat 'classy' dan mewah.

Photobucket


Motospin ini telah mendukung RUIM (orang biasanya menyebut kartu, sebagai lawan dari Inject... he..he..). Dibeberapa negara yang telah mengadopsi system CDMA sebagian besar hadsetnya dibundle dengan nomornya melalui inject. Justru anehnya di Indonesia, handset inject tidak terlalu laku (terlebih lagi masyarakat indonesia sangat sensitif dengan tarif, sehingga dengan handset ber-RUIM akan lebih mendukung fleksibilitas, untuk pindah operator, dibandingkan dengan handset inject).

Bagi mereka yang suka berganti-ganti kartu operator, penempatan RUIM Motospin sangat cerdas, kita tidak perlu bongkar pasang battery untuk mengganti kartu (Asal saja kartu kita nggak ilang terjatuh aja... he..he.. :) )

Photobucket


Oh ya, saya hampir lupa, mungkin kalau tidak saya sebut sebagai Motorola, mungkin banyak yang tidak tahu bahwa Handset ini adalah Motorola. Di depan hanya disebutkan sebagai "CDMA " saja. Akan tetapi begitu membuka baterry akan terlihat tulisan Motorola di sana. Berdasarkan label yang tertempel, handset ini dibuat di Korea Selatan, perlu diketahui bahwa Motospin MS-280 keluar untuk pertama kalinya di negeri ginseng

FUNGSI : HARDWARE & SOFTWARE

SPEAKER : Pertama kali dinyalakan, Jingle Motorola menyapa. Tapi.... Suara-nya terdengar pecah! nggak enaklah... memang sih kalau dibandingkan dengan Motorola Rokr E1 kalah jauh, namun bagi saya ini tidak dapat ditoleransi. Hal yang sama terdengar ketika speaker phone di-nyalakan. Suara penelpon di sana terdengar pecah. Situasi ini sedikit bisa di atasi dengan menurunkan tingkat volume menjadi 2 atau 3 dari 5.

TELEPHONING : Jika digunakan bertelepon, suhu handset akan segera naik, namun tidak akan drastis, mungkin karena lokasi testing penuh dengan sinyal sehingga handset ini tdak melakukan multi tasking antara bertelepon & mencari sinyal. Suara speaker internal terdengar cukup nyaman, meskipun tidak dapat dikatakan enak banget, perbaikan sangat terasa manakala saya menggunakan handsfree :) selain bebas melakukan aktifitas, juga suara yang didengarkan lebih bening dan empuk. Oh ya dalam paket penjualan tidak disertakan handsfree, kebetulan saya ada handsfree nganggur dengan plug 2.5" yang pas dg handset ini.

LCD : Bagus! 262 TFT terlihat terang dan warna-warni! tapi hati-hati layar warna yang terang jelas akan meminta trade off dengan batere

ADDRESS BOOK : Beberapa spesifikasi yang saya lihat di luar menyebutkan kalau Address Book Handset ini dapat mencapai 5000, bahkan di kardusnya sekalipun menyebutkan angka ini. Namun setelah saya otak-atik, kok saya belum menemukan bagaimana cara membuat Address book sampai 5000. Yang jelas telah tersedia 500 address book dengan 15 Entry (Nama, Nomor, Kategori, Foto, No. Mobile, No. Rumah, No. Kantor, No. Lainnya, E-Mail, No. Fax, Memo, Profile, Ringtone, Birhday, Anniversary) yang siap di isi. Hanya sayang, sampai saat ini saya belum menemukan cara bagaimana dapat secara cepat mengisinya (misalnya Syncronize dg Outlook) kecuali harus Tapping satu per satu.

FOTO & VIDEO : Motospin telah dilengkapi dengan memori Internal sebesar 54 MB dan cukup untuk menyimpan hasil rekaman Video dengan ukuran 176x144 pixel Up To 1 jam. untuk dapat diputar diplayer lain dibutuhkan konversi. Kualitas maksimal Foto yang dapat dihasilkan hanyalah VGA. Namun demikian hasilnya relatif cukup baik untuk ukuran resolusi sebesar itu.

KONEKTIVITAS : Hanya Infra Red Direct Access (IRDA) saja, nggak ada pilihan lain. Soal kecepatan transfer data, jangan harap terlalu banyak dari koneksi ini.

VOICE RECORDER : Dengan memory sebesar 54 MB cukup untuk melakukan perekaman suara sampai beberapa menit... (maaf belum test he..he..)

MENU : Cukup Logis, bagi orang yang baru saja menggunakan Handphone ini saya kira tidak terlalu lama akan dapat menguasainya dengan mudah. Selain itu, Menu-menu yang ada terlihat advance dibandingkan dengan Handset sejenis.

PROVIDER : Sepertinya sebelum diimpor Ke Indonesia, Handset ini merupakan handset yang dipasarkan/didistribusikan/dibundling dengan China UNICOM, soalnya masih ada menu yang tertinggal dan nggak bisa di set ulang, seperti browser untuk internet. Berhubung Handset ini berjalan di Frekuensi 800 Mhz, saya kira bisa dipakai semua operator CDMA di Jakarta (Flexi, Starone, Fren, Esia) kecuali SMART yang masih ada di 1900 Mhz.

MODEM & INTERNET
Bagi sebagian orang, daya tarik utama sebuah perangkat adalah konvergensi-nya. Saat ini, gadget banyak dibuat untuk tujuan sebagai Perangkat Hybrida yang bisa berfungsi ganda. Selain untuk dapat berkomunikasi sebagai Telepon, Motospin dapat dengan mudah difungsikan sebagai Modem CDMA. Beruntunglah dalam paket penjualan Motospin telah dilengkapi dengan kabel data (USB). Talam test yang saya lakukan dengan Starone Time Based diperoleh kecepatan sbb :

Photobucket



Photobucket


Dalam pengujian diperoleh kecepatan star-one relatif naik turun dan tidak stabil, kecepatan maksimal yang dapat saya diperoleh adalah 21 KBps. Saya kira di sini yang paling berpengaruh adalah kekuatan signal provider itu sendiri, kecepatan dan kestabilan sangat tergantung dengan lokasi dimana anda berada. Menurut saya, Motospin sebagai modem dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Sekedar diketahui, ketika terkoneksi dengan PC via kabel data Motospin otomatis nge-charge! So Don't Worry 'bout Your Battery!

PLUS MINUS

+ Model Stylish, Kecil Mungil, & Trendy
+ Nggak banyak orang pakai (Bukan HP Sejuta Umat)
+ Layar Warna 262K
+ Terlihat mahal & Advanced
+ Dual Camera VGA
+ Keyboard-nya enak
+ 500 Address Book & Lengkap dg Multiple Entry
+ Memory Internal Besar
+ PC Modem Capability (Without Charging)

- Nggak ada FM Radio
- Nggak ada bluetooth
- Material too plasticy
- Speaker nyaring tapi agak sember
- Mekanisme Input Addressbook membingungkan
- Software Support/PC Sync Minim (Atau saya beum ketemu aja ya)
- Swivel-nya agak membingungkan (bagi yg tidak terbiasa)
- Mungkin anda akan memperoleh HP Refurbished (oleh karena umur & pemasaran)

KONKLUSI

Ibarat tidak ada gading yang tidak retak demikian pula Motorola Motospin MS-280 ini, sebagai konsumen tentunya menginginkan hal sempurna. Kalo boleh membuat Wishlist, saya kepengen HP CDMA dual Band, R-UIM, bisa MP3, FM Radio, Kamera minimal 3 MP, Ada Slot memory Eksternal, batere tahan seminggu. dsb.

Tapi bagaimanapun juga, membandingkan harga dengan kualitas yang didapatkan, saya rasa Motorola MS-280 ini tidak berlebihan disebut sebagai handphone yang lengkap, dalam arti kebutuhan dasar berkomunikasi telah tercakup didalamnya let say, telepon, sms, modem, kamera, recorder, hanya minus MP3 Player, FM Radio & Program Sinkronisasi (soal ini salam belum sempat googgling lebih jauh)

Demikianlah sedikit review singkat saya sebagai user, jujur saja saya baru pegang Handset ini baru sehari, jadi belum dalam banget melakukan pengujian. Bisa jadi dalam kesempatan selanjutnya akan ditumukan hal-hal baru lainnya. Segala input akan saya terima dengan senang hati.


Regards

:)



PS: Photography By Me! Using Canon EOS 400D With Canon EF-S 18-55mm F:3.5-4.5 & Tamron 70-300mm F:4-5.6 Di Macro

21 comments:

Unknown said...

mas kenapa browsernya tak bisa digunakan ya?
apa karena masih unicom?
lho emang di paket penjualan ada kabel datanya ya? kok aku beli di jogja ga ada?
dimana mengetik spasi?aku ga nemu

thank atas bantuannya?
hanggadhika@gmail.com

inside-reza.com said...

Soal browser yang nggak bisa digunakan, saya nggak bisa memastikan mas, bisa jadi karena itu di-lock oleh Unicom. Di sisi lain, setahu saya nggak ada parameter yang bisa di akses untuk membuat browsernya bisa jalan dengan operator lokal.

Kabel data ada di dalam paket penjualan, bisa jadi anda nggak dapet kabel data karena penjual yang 'curang'. Setahu saya di luaran ada yg menjual dengan harga sampai dengan 175 ribu, terkesan agak memeras sih :) tapi kadang harga segitu nggak jadi soal bagi yang butuh. Yg jelas tanpa itu, kita nggak bisa konek internet.

Tombol spasi, memang setahu saya nggak ada yg didedikasikan secara khusus. Kalo saya mau spasi, kursor (joystick) tinggal arahkan ke kanan.

Semoga membantu :)

Anonymous said...

mas boleh tau ga gimana cara setting internet dengan MS280 ini... saya sedikit kesulitan mas...

Anonymous said...

Untuk mendapatkan Driver MS-280 untuk MAC OS itu dimana mas ya.., sebelumya aku pake windows cukup bagus untuk akses internet..,
trima kasih..

inside-reza.com said...

@ Mas Dani : Maksud Setting Internet yg bagaimana ya Mas? kalo yg dimaksud browsing di HP saya belum bisa karena itu providernya masih dilock, jdnya nggak bisa di apa-apain.

Kalo yg dimaksud setting sebagai modem, itu gampang kok mas, yg penting driver sudah tersedia, dan langkah-langkahnya tinggal ikuti dari - network connection di windows.

inside-reza.com said...

@ Mas Agus :

Halo Mas, Mohon maaf saya kekurangan informasi mengenai driver yg mas maksud. Mengingat saya sendiri memakai windows.

Googling ternyata tidak banyak membantu memeperoleh link ke driver yg mas butuhkan.

Salam...

Anonymous said...

makasih saya lagi nyari motorola ini

inside-reza.com said...

@ ame268 : Thanks udah mampir... memang motorola ini indah dipandang... :) semoga lekas dapet apa yang dicari. Salam kenal juga :)

Anonymous said...

Boleh tuh mas, kira2 harga pasaran saat ini berapa ya..? Soalnya ada yang promosiin sekitar 440 rb...
kemahalan ga segitu mas...?
makasih...

Anonymous said...

pak saya sudah pake ms280, kemarin ada trouble dg tempat kartunya yg patah, karena sering keluar masuk.
masalahnya setelah diservis tglnya jadi berubah tahunnya jadi 2010, mau diganti koq ga nemu menu setting tanggalnya atau mungkin letaknya yg sembunyi. mungkin bapak tahu mesti gimana & bisa bantu saya.
makasih

Anonymous said...

saya mau jual hp second ms 280 harga termasuk dus,kartugaransi,buku manual,charger 250rb aja cuma bat agak drop. jika berminat dapat telp saya 021-95544155-08176850683 (tonton)trims dijakarta.

Anonymous said...

saya mau jual hp second ms 280 harga termasuk dus,kartugaransi,buku manual,charger 250rb aja cuma bat agak drop. jika berminat dapat telp saya 021-95544155-08176850683 (tonton)trims dijakarta.

Anonymous said...

om, drivernya donlot dmn yah ?

Anonymous said...

saya mau beli ms280. ada yang bisa bantu ga? dimana saya bisa beli? tolong saya perlu cepat..

Anonymous said...

mas saya punya hp ms 280 cuman flexiblenya copot kira2 dimana yah saya bisa beli flexiblenya yang muter itu.kalo ada kasih tahu ya
atau kalo nggak bayarin aja dah berapa cuman ada hp sama chargenya
my email:irwan_rst@yahoo.com

M.Rhasya Winizza Syahputra said...

Gw punya Driver ms 280

Anonymous said...

kelemahan hp ini buat internetan (dijadiin modem) hp ini cuma tahan 5 jam, kabel datanya ga bisa langsung charge baterenya. tapi kecepatannya stabil > 120an kbps (pake Fren + Centrin)

Broy32 said...

mas setting internetnya bisa di ubah sama sekali kenapa ya mas,.?
ada pemecahan lainnya ga mas,..

Anonymous said...

Iya nih.. Kok Brwsernya ga bisa d'ubah yah... truzz fasilitas javanya download dmn?? n' caranya gmn??

andy said...

Bos, bs tolongin sy?? Sy punya HP cdma motorola MS 500 asal korea. Mau diinjek disini (cirebon) tp katanya gak bs. Sy udah coba dtng langsung ke galeri esia, fren & flexy tp katanya hp sy gak bs diinjek dg operator indonesia krn hp sy dr luar/korea mknya sampe skrng hp sy msh blm diinjek & blm bs dipake neh. Apa bnr hp sy (motorola MS 500 asal korea) gak bs diinjek dg operator indonesia (esia, flexi & fren). HP nya sy hrs diinjek dmn & brp biayanya agar hp sy bs dipake?? Thanks.

Anonymous said...

mas aku mau tahu gambar skema kabel datanya bagaimana caranya ya maaas maksudnya pakai pin yang nomor berapa yaaa ,, maksunya colokan yang ke hpnya kalau usb mungkin udah standar yaaaa tapi yang ke hp nya gitu loo mass


makasih yaa sebelumnyaa

Ppoponl@yahoo.co.id