Sunday, March 9, 2008

KERETA GUMARANG HARI INI

Seperti biasa, saya menggunakan kereta api untuk kembali ke Jakarta. Demi mencapai optimal isasi pengeluaran transportasi pilihan jatuh pada kereta Gumarang, Satu - satunya kereta api kelas bisnis jurusan Jakarta - Surabaya PP. via pantai utara. Dengan biaya Rp. 130,000.- saya sudah dapat sampai Surabaya dari Jakarta atau sebaliknya.

Pukul 17.00 WIB saya sudah sampai Stasiun Pasar Turi, Surabaya. Masih, ada waktu kurang lebih 45 Menit sebelum kereta berangkat pada pukul 17.45 WIB. Waktu yang tersisa saya gunakan untuk ngobrol dg Saufa yang sore ini mengantarkan saya.

Tepat pukul 17.45 WIB kereta Gumarang berangkat. Kebiasaan saya, sejam atau dua jam pertama digunakan untuk ber-chit-chat dengan penumpang sebelah. Sore ini duduk di sebelah saya seorang Ibu-ibu yang selanjutnya saya kenal sebagai seorang pedagang pakaian di Sidoarjo yang sedang 'kulakan' di Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat.

Sekitar pukul sembilan selepas dari Stasiun Cepu, saya segera menggelar koran untuk tidur di bawah (tempat kaki penumpang). Tentu saja bagi umumnya orang atau penumpang akan tampak menjijikan tidur di kolong tempat duduk, akan tetapi bagi yang telah terbiasa sebagai komuter (frequent passenger Jakarta-Solo/Jogja, Jakarta-Semarang/Surabaya) lokasi tempat ini merupakan posisi stategis, di mana kita bisa beristirahat dengan dengan nyaman (baca: meluruskan badan). Bagi saya yang harus bekerja setelah menempuh jarak 1.000 Km, tidur di kolong merupakan trade-off supaya masih tetap segar & bersemangat dalam pekerjaan (halah... boso opo iki... :) ).

Mungkin setelah pukul 21.30 saya terlelap. Enak-Nggak Enak sebenernya, tapi daripada nggak bisa 'meluruskan' badan saya memilih 'ngolong' :). Sepanjang perjalanan, kadang terbangun sewaktu kereta berhenti atau gerbong ramai dengan suara pedagang asongan menjajakan dagangan(mulai dari minuman, brem, tahu, nasi bungkus sampai popmie). Megingat kaki yang melintang, tidak jarang kaki saya terinjak oleh siapapun yang lewat, itu merupakan resiko tidur tidak pada tempatnya he..he.. :)

Pukul 04.30 saya terbangun gara-gara kereta berhenti lama, merasa sudah cukup tidur saya duduk di tempat duduk semula. Saya surpise sekali pada pukul 04.30 Kereta telah berada di stasiun Cikampek! Wau... betapa cepat dan 'tepat waktu-nya' Gumarang kali ini. Sejam kemudian saya telah sampai di Stasiun Gambir!!! Hebat, salut untuk PT. KAI kali ini.... Kalo saja setiap saat kereta hanya telat beberapa menit, saya akan dapat bekerja tanpa terlambat... (yang biasanya terjadi, kereta ini datang pukul 08.00 Pagi... :( )

1 comment:

maulana said...

gumarang itu nyaman ga mas?
soalnya pulang lebaran nanti cuma tiket kereta gumarang yg pling murah?