Tuesday, May 27, 2008

MY GADGET TIMELINE

Entah kenapa tiba-tiba kepengen nulis tentang gadget (baca: hanphone/PDA) yang pernah menemani gue selama beberapa tahun terakhir ini. Entah disengaja atau nggak gadget2 itu punya masing-masing kisah. Tanpa banyak berpanjang lebar, gue langsung tulis aja deh...

ERICSSON R310Sc (2001-2002/9 Months)

Photobucket Ericsson R310s/sc juga dikenal sbg Si Sirip Hiu (merefer ke bentuk antene yg mirip sirip hiu.) HP ini merupakan telepon genggam pertama yang gue punya. Dibeli pada bulan September 2001 di salah satu toko Handphone di dekat Selokan Mataram Jogjakarta (entah sekarang masih ada apa nggak ya Toko itu). Ada sedikit cerita menarik tentang HP ini. Waktu itu saking kepengen tahunya ketangguhan HP ini, habis dibeli dari toko langsung Burn-In Test dengan dicelupin di Bak Mandi!!! Geblek bener he..he.. :) ajaibnya masih tetap nyala dan berfungsi dengan baik. Di beli waktu itu, karena spesifik untuk outdoor performance sbg seorang Antropolog yg seneng outing HP-nya mesti mendukung doong... :) kalo udah dipasang bareng adventure kit-nya kayanya udah gagah bener (kaya petualang deh pokoknya). BTW waktu kemunculan pertama pada iklan di tahun 2000 gue langsung jatuh cinta! Memang sebagai mahasiswa miskin, gue cukup tahu diri untuk tahu bhw HP ini nggak bakalan bisa kebeli, tapi entah baimana caranya (ada saja rejeki yg datang) 1 tahun kemudian berhasil gue tebus dari toko he..he.. :) Secara umum bagi gue HP ini sangat sempurna, nyaman di genggam, enaklah... hanya satu saja yg nggak seneng, nggak ada delivery report buat SMS. Sampai akhirnya 9 bulan kemudian gue jual ini HP (sampe sekarang gue nyeseeel banget.... buat ngejual tuh hape).

NOKIA 5210 (2002-2002/5 Months)

Photobucket Yah! gue akui membeli HP ini tanpa perhitungan yang masak! hanya gara-gara sms delivery report gue ngejual Si Hiu dengan harga murah untuk gue tuker dengan Nokia 5210 ini. Dalam Tag line Nokia, baik via iklan maupun brosur2 Hape ini dirancang untuk outdoor performance. Tapi sayang sekali, untuk HP kelas outdoor gadget ini tergolong ringkih. Nggak ada wheather shield, no splash resistant, apalagi waterproof. Bentuk casingnya agak aneh, mirip cangkang telur... :( Jujur gue nyesel ngejual R310 gue dengan HP ini. Karena kecewa ya wajar saja kalo hanya bertahan lima bulan di digenggaman.

NOKIA 5510 (2002-2003/8 Months)

Photobucket Beli Hape ini sebenernya nggak sengaja. Waktu itu udah bete bener sama Nokia 5210, waktu iseng2 jalan di toko Handphone (VCell Jl. C. SImanjuntak Jogjakarta, kayanya) kok ada jual HP dg MP3 player dengan harga 1 juta pas! baru pula! Mengingat gue suka musik akhirnya dengan rela gue over-tombok Nokia 5210 gue dengan Si Gembrot Qwerty Nokia 5510. Waktu beli ini masih suka ngebayangin bisa ngedengerin MP3 dari Siemens SL45, gila cing ini HP sangat2 terkenal pada kalangan tertentu di Jogja, dan gue ngiler juga sama SL45 (apa daya uang tak sampai he..he..). Oke back to the topic, overal gue cukup puas deh sama ini HP. Music-nya (meski kapasitasnya hanya 64MB) lumayan enak, gue inget sepanjang tahun nyimpen lagu-nya Puddle Of Mudd - Blurry di HP ini. Tombol Qwerty-nya oke banget buat SMS, nulis sms secepat kilat! yg ga nahan body bongsornya aja neh he..he.. Mirip Comunicator 9210 yg saat itu lagi jaya-jayanya. HP ini sempet jadi temen KKN, jadi temen di kala susah atau seneng. Lagu-lagunya menghibur banget, sampai akhirnya karena nggak udah merasa berat membawa body bongsor gue lepas HP ini ke adik kelas gue, Si Puthu (Eh broer sekarang di mana loe... he..he..)

SIEMENS S45i (2003-Present/> 5 Years)

Photobucket Setelah puas dengan music player, gue berfikir untuk punya HP yang agak serius. Tahun itu juga seorang temen, Tataz, nunjukin S45i dia yang udah dimodifikasi & dioprek macem-macem. Ketertarikanku sebenernya tidak hanya dimulai dari itu. Pertama S45i ini merupakan HP bisnis yg terkesan serius dan elegan. Kedua, waktu itu udah mau lulus kuliah & cari kerjaan, butuh HP yg bisa nyimpen banyak nomer telepon, nyimpen banyak catetan, sms dsb dan si Siemens S45i ini bisa! dan ketiga, harganya relatif terjangkau. Gue dapet BM warna item yg made in Germany! Sebuah cerita sedih pernah terjadi pada HP ku ini. Tahun 2004 gue lupa ngambil ini HP dari kantong celana, setelah itu celana direndem di air sabun selama 2 jam untuk di cuci, sudah dapat dipastikan S45i gue tewas dengan sukses, sedih banget waktu itu... :( Udah nggak punya duit, bagaimana mau nyari HP? eeeh Tataz yg baik ngejual HP-nya ke gue, jdnya gue pake S45i lagi deh. Dan sejak itulah, HP ini banyak membawa kenangan, gue keterima kerja pake HP ini, gue pacaran & putus cinta via HP ini, sampe hampir dijambret juga HP ini. Kalo inget masa itu suka pengen ketawa :) Oh ya sampai saat ini masih tersimpan dengan baik ini HP, kemungkinan besar nggak akan di jual. It's worth too Much!

NOKIA 3210 (2004-Present/>4 Years)

Photobucket Yak! Nokia sejuta umat! (eh masuk sejuta umat nggak yah?, soalnya setahu gue yang sejuta umat itu kakaknya, si Nokia 5510). Dibeli seharga Rp.250,000.- di Roxy Mas, Jakarta. Batangan, only charger & hape, itupun dengan batere yang ngedrop. Sama sekali nggak ada yg spesial dengan HP ini. Dulunya dipake untuk telpon-telponan SLJJ (Jakarta - Jogjakarta), waktu itu masih pake Kartu AS yang murah meriah, semenit cuma seceng! (tolong jangan bandingkan dengan keadaan sekarang dimana pake bermenit-menit cuma berapa perak!). Karena nggak mau gonta-ganti kartu dan HP makanya Nokia 3210 ini dibeli, dapet warna abu-abu yang perkiraan gue diimpor dari luar negeri, kayanya di luar udah jadi sampah, kalo di jual di Indonesia masih laku aja, he..he... Sekarang benda ini masih ada, seringnya malah cuma jadi ganjelan pintu he..he.. :)

IPAQ 2210 (2005-2006/ 1,5 Years)

Photobucket Kalo ini sih bukan HP yah, tapi PDA murni. dibeli lagi dari tangan Tataz. This is my first PDA! setelah pake PDA ini langsung jatuh cinta pada dunia PDA & dunia Windows Mobile... Seolah-olah begitu dimanjakan oleh komputasi tanpa batas (ce ileee bahasanya). Dengan ini PDA gue bisa nge game, dengerin musik, nonton movie, baca peta, lihat/edit foto, dan yang jelas-jelas fungsi utama sbg Digital Assistant. Lha bener kan, namanya saja PDA (Personal Digital Assistant) saya fungsikan sebagai buku telepon, pencatat jadwal, perekam dsb. pendek kata no complaining abaout this device! eeh... ada ding dikit, satu-satuya yg jadi komplain gue adalah sidegrip yang mudah melar, dalam setahun boleh dibilang udah habis 3 set! geblek bener nih... Bukan karena udah nggak suka, atau nggak cocok lagi sampai akhirnya PDA ini tergantikan oleh XDA IIs!

MOTOROLA ROKR E1 (2005-2005/3 Months)

Photobucket Sebenernya sewaktu saya beli HP ini dalam keadaan tidak sadar, alias lagi Kalap! Waktu itu ceritanya lagi putus cinta (he..he..) sedih banget rasanya! nah anehnya untuk melampiasakan itu, gue belanja! gimana nggak aneh coba? he..he.. gue belanja apa aja, mulai hal-hal yang jelas sampe hal-hal ga penting. Salah satunya ya ini. Kalo dibilang gue ngawur, sebenernya nggak juga sih, sebelum beli gue sempatkan baca-baca di forum mengenai HP ini, plus & minusnya, pokoknya udah belajar deh. Tapi kok setelah gue tebus ini HP dari MTC (Makassar Trade Center, Mall terbesar di Makassar) kok rasanya biasa aja yah? nggak ada rasa excited dapet barang baru gitu... apa karena gara2 putus cinta yah? he..he.. entahlah! tapi yang jelas, begitu gue pindah tugas lagi ke Jakarta, langsung gue lego ini HP! Kalo soal fitur & kapabilitas kayanya no problemo deh. cuma kadang gue ngerasa nggak familiar dengan menu-menunya, bagi gue terasa aneh & kadang nggak logic. Beda banget menu-menunya sama Nokia & Siemens.

MODOTTEL WTE-320 (2006-2007/10 Months

Photobucket

udah dulu lah... cape nulisnya...

2 comments:

Anonymous said...

lo lihat si HP hiu R310 di sini, dijatuhkan dari gedung lantai 9. gw juga baru beli 99,9% baru di pasar jakarta.
http://www.youtube.com/watch?v=VpLtNu9cNKA&feature=related

inside-reza.com said...

Sudah menuju TKP Mas, gilak ya orang ini... meski dibanting dari lantai 9 gedung bertingkat, case-nya relatif masih utuh.

Ngomong2 dapet harga berapa Hiu-nya dan beli di pasar mana :D