Friday, August 17, 2007

AN EVENING AT HOUSE OF SAMPOERNA

Museum di House of Sampoerna (HoS) menawarkan pengalaman yang unik. Mulai dari cerita tentang keluarga pendiri sampai melihat dari dekat fasilitas produksi rokok linting tangan dan berakhir dengan pengalaman tak terlupakan melinting sendiri sebatang rokok Dji Sam Soe. Di sini kita dapat bergabung dengan 3.900 wanita di pabrik ini, melinting rokok dengan alat tradisional. Mereka melakukannya dengan kecepatan lebih dari 325 batang rokok per jam.

PhotobucketMbak-mbak, beli rokoknya doong... hehe... Saufa sedang berdagang sebuah Rombong/Warung rokok yang biasa kita jumpai di jalan-jalan, Rombong-nya lumayan lengkap, ada rokok, permen, kopi, gula, etc. (Photograpgy by Reza, Sony Ericsson K800i Allure Brown)

PhotobucketKita lagi berfoto di depan rombong rokok & di dekatnya ada sepeda motor kuno, yang digunakan oleh pemiliknya berdagang rokok. Sayang tidak sempat dicatat, merk & tahun pembuatannya (Photography by -/timer, Sony Ericsson K800i Allure Brown)

Satu kompleks dengan HOS ada sebuah tempat nyaman untuk melepas lelah atau barangkali bersantai sejenak dengan sentuhan art deco, kilau kreativitas bebas serta taburan sejarah, Kafe di HoS menawarkan suatu pengalaman bersantap yang unik. Memadukan kaca timah asli dan panel kayu jati ukir berusia seabad dengan desain modern yang bersih. Aneka hidangan selera Barat dan Asia dipersiapkan khusus untuk memuaskan selera pengunjung, bahkan bagi mereka yang sangat kritis terhadap rasa. Pada malam-malam tertentu, live music akan mengiringi santap malam. Harga yang ditawarkan relatif mahal buat saya, tapi sekali-kali nggak papa juga sih :p

Photobucket HoS sendiri terletak di daerah kota tua, Surabaya Utara, sebenernya deket dari pusat kota, tapi tidak tau kenapa rasanya jauh. HoS juga dekat dengan Chinatown-nya Surabaya. Gampang kok ke tempatnya, kalo nggak ada kendaraan pribadi, boleh pakai taxi (Taxi Surabaya relatif lebih murah disamping jalanan Surabaya yang tidak terlalu macet dibandingkan dengan Jakarta). Peta di atas yg saya ambil dari www.eastjava.com The House of Sampoerna ditunjukkan oleh nomor 5.

No comments: